Tips VIOLINDO CCTV : Cara Agar Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran

Jakarta - Lebaran menjadi moment yang tepat untuk keluarga berkumpul di kampung halaman. Banyak orang pergi mudik lebaran berminggu-minggu sehingga harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong karena asisten rumah tangga juga cuti.

Rumah yang tak berpenghuni rentan menjadi sasaran maling dan perampok. Anda tentunya tidak mau begitu selesai mudik mendapati isi rumah sudah ludes. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan tujuh hal ini sebelum mudik.

1. Menghentikan Pengiriman Koran Selama Mudik
Seperti yang dikutip dari detiknews, hentikan dulu pengiriman koran selama mudik. Kiriman koran hanya akan membuat tumpukan di depan pintu atau pagar rumah. Selain menghabiskan biaya yang tak perlu, berita di koran juga sudah tidak update dan justru mengundang orang jahat untuk mencuri karena tahu rumah Anda sedang kosong. Setelah kembali mudik, baru mulai berlangganan kembali.

2. Letakkan Sandal di Depan Rumah
Agar rumah yang kosong tidak terlalu terlihat mencolok, Anda disarankan meletakkan beberapa sandal di depan pintu atau teras. Dengan demikian, rumah Anda tidak terlalu kelihatan kosong ditinggal lama oleh penghuninya.

3. Pasang Lampu Timer yang Otomatis Nyala di Malam Hari
Jika setiap tahun selalu mudik sebaiknya beli lampu otomatis yang menyala di malam hari. Lampu akan menerangi rumah sehingga tidak tampak gelap dan kelihatan tak berpenghuni. Jika tidak memiliki lampu tersebut, Anda bisa minta tolong tetangga terdekat untuk menyalakan dan mematikan lampu saat siang serta malam hari.

4. Pasang CCTV dengan Modus Perekaman 24 Jam
Pasang CCTV dengan modus perekaman 24 jam untuk berjaga-jaga saat ada orang masuk ke rumah Anda. Sebelum mudik, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah CCTV sudah benar-benar aktif atau belum.

5. Jangan Tinggalkan Barang Berharga yang Mudah Dibawa
Jangan tinggalkan barang berharga yang mudah dibawa. "Sebaiknya titipkan di deposit box bank agar lebih aman," ujar Kepala Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto.

6. Pastikan Tidak Ada barang Elektronik yang Menyala
Sebelum pergi mudik, periksa kembali semua barang elektronik di rumah dan pastikan sudah semuanya dimatikan. Matikan mesin air atau PAM dan cabut selang tabung gas kompor Anda.

7. Tidak Sesumbar di Internet Selama Mudik
Jaringan sosial terkadang membawa malapetaka bagi orang yang tidak cerdas saat memakainya. Tak perlu mengumumkan ke publik bahwa Anda akan pergi keluar kota bersama seluruh keluarga selama dua minggu apalagi sampai menjelaskan secara detail di Twitter atau Facebook, terutama jika Anda tidak menggunakan fitur 'protect'. Berhati-hati juga saat meninggalkan pesan di mesin penjawab atau voice mail telepon rumah. Jangan mengatakan kalau Anda sekeluarga sedang pergi. Cukup katakan bahwa Anda tidak bisa menjawab telepon sekarang.


VIOLINDO CCTV
Penjualan CCTV dan Pemasangan CCTV Camera Online. Hubungi Toko Online Kami! Bebas Biaya Instalasi!
Call Center : 021 95531958
Mobile : 085718162628 - 087880584741

Info Lengkap Klik :
©2012 | Website ★ VIOLINDO CCTV | Desain www.VIOLINDOCCTV.com